Dalam pengerjaan data adakalanya kita membutuhkan mengisi suatu cell
yang berasal dari tabel lain. Berdasarkan formula yang tersedia pada
excel, kita bisa menggunakan formula HLOOKUP. HLOOKUP merupakan formula
untuk mencari data dan menampilkan data dari tabel lain dengan mengacu
pada baris tertentu dari tabel lain.
Formula yang digunakan dalam HLOOKUP yaitu:
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup])
- Lookup_value merupakan nilai yang akan dicari datanya pada tabel lainnya
- table_array adalah range atau tabel yang digunakan sebagai referensi atas data yang kita inginkan
- Row_index_num yaitu nomor urut baris atas table_array dengan acuan no urut 1 merupakan baris paling atas dari table_array.
-
Range Lookup yaitu nilai TRUE atau FALSE. TRUE digunakan untuk hasil
yang mendekati nilai yang kita jadikan acuan. Sedangkan, FALSE digunakan
jika kita ingin
hasil absolut atau pasti.
hal yang perlu kita
perhatikan dalam penggunaan HLOOKUP yaitu menentukan colom lookup value
dan lookup ROW. contoh penggunaan HLOOKUP yaitu sebagai berikut:
maka ketika pada cell D3 diketik ABBA maka pada formula HLOOKUP akan mencari ABBA pada table array dengan kriteria hasil baris ke dua dengan hasil "Mahaka Media Tbk.".
Artikel Terkait:
- rumus excel index match
- Rumus Excel rata rata tertimbang dengan kriteria
- mengubah matriks table menjadi tiga
- rumus excel rata rata tertimbang
- melihat tagihan info pajak pbb kota bekasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar