Minggu, 27 November 2016

Rumus HLOOKUP di Ms Excel

Dalam pengerjaan data adakalanya kita membutuhkan mengisi suatu cell yang berasal dari tabel lain. Berdasarkan formula yang tersedia pada excel, kita bisa menggunakan formula HLOOKUP. HLOOKUP merupakan formula untuk mencari data dan menampilkan data dari tabel lain dengan mengacu pada baris tertentu dari tabel lain.

Formula yang digunakan dalam HLOOKUP yaitu:
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup])
- Lookup_value merupakan nilai yang akan dicari datanya pada tabel lainnya
- table_array adalah range atau tabel yang digunakan sebagai referensi atas data yang kita inginkan
- Row_index_num yaitu nomor urut baris atas table_array dengan acuan no urut 1 merupakan baris paling atas dari table_array.
- Range Lookup yaitu nilai TRUE atau FALSE. TRUE digunakan untuk hasil yang mendekati nilai yang kita jadikan acuan. Sedangkan, FALSE digunakan jika kita ingin hasil absolut atau pasti.

hal yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan HLOOKUP yaitu menentukan colom lookup value dan lookup ROW. contoh penggunaan HLOOKUP yaitu sebagai berikut:
 maka ketika pada cell D3 diketik ABBA maka pada formula HLOOKUP akan mencari ABBA pada table array dengan kriteria hasil baris ke dua dengan hasil "Mahaka Media Tbk.".

Artikel Terkait:
rumus excel index match
Rumus Excel rata rata tertimbang dengan kriteria
mengubah matriks table menjadi tiga
rumus excel rata rata tertimbang
melihat tagihan info pajak pbb kota bekasi

Tidak ada komentar: