Senin, 28 Agustus 2017

Rumus Match di Microsoft Excel

Penggunaan rumus atau formula match di Ms Excel bertujuan untuk mengetahui nilai tertentu pada row atau kolom ke berapa atas suatu range data sehingga penggunaan rumus match seringkali digabungkan dengan rumus Match dan Index yang fungsinya serupa dengan rumus Vlookup dan Hlookup di microsoft excel.

Adapun fungsi atau formula Match yaitu:
=MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])

Lookup_value : Nilai atau data yang akan dicocokkan
Lookup_array : Data kategori yang akan dijadikan sebagai referensi
[Match_type] : yaitu tipe match yang diinginkan dimana terdapat 3 kategori yaitu 1,0,-1
  • 1 : Yaitu melakukan match dengan dilakukan pengurutan data dari terkecil ke terbesar dan bila tidak diketemukan maka dilakukan pendekatan yang ke data terkecil 
  • 0 : yaitu melakukan match tidak dengan pengurutan data namun menggunakan urutan berdasarkan data di table referensi
  • -1 : Yaitu melakukan match dengan dilakukan pengurutan data dari terbesar ke terkecil dan bila tidak diketemukan maka dilakukan pendekatan yang ke data terbesar


berikut ini contoh penggunaan Match dengan data-data sebagai berikut:

Kemudian pada cell D5 ditulis formula sebagai berikut:

dengan contoh formula diatas dengan [Match_type] yaitu 0 maka hasil di cell D5 akan berdasarkan urutan data pada range data F5:F12 dengan hasil 1

penggunaan match ini juga dapat dilakukan dengan range data yang urutannya horizontal sehingga fungsi match apabila digabungkan dengan fungsi index maka akan menyerupai vlookup dan hlookup.

Artikel terkait:

rumus excel index
- Conditional Formatting Bagian Pertama (Dengan berdasarkan nilai pada Cell)
- rumus concatenate di excel
- formula sumifs di microsoft excel
- formula rata-rata tertimbang di excel 
Rumus rata-rata tertimbang dengan kriteria di Ms Excel



Tidak ada komentar: