Selasa, 20 Desember 2016

Merubah Data Tanggal dari Format Text Menjadi Tanggal (1)

ketika kita mengolah data dengan menggunakan sumber data yang berasal dari data text file. ketika kita mendapatkan suatu text file yang didalamnya terdapat informasi adakalanya kita mendapatkan format tanggal yang tidak baku atau tidak terstandar. format penulisan tanggal biasanya akan mengikuti format tanggal yang umum seperti "dd/mm/yyyy", "ddmmyyyy" "mm/dd/yyyy" atau "yyyy/mm/dd". karena formatnya dapat berbagai macam maka kita diharuskan mengidentifikasi tanggal, bulan dan tahun yang tersaji dalam data teks file.


setelah mengidentifikasikan format tanggal yang kita dapati pada file text maka kita dapat menggunakan fungsi yang tersedia di excel yaitu dengan "Date". dengan fungsi Date ditulis dengan informasi Date(Year,Month,Date). Year menunjukan informasi tahun, Month menunjukkan informasi bulan dan Date Menunjukkan Tanggal. Selain fungsi date, kita juga membutuhkan fungsi Right, Left, Mid.

Daripada kita bingung, berikut ini saya jelaskan formula penulisan formula dengan format data ddmmyyyy dan contoh nya 01022016:
Setelah penulisan formula kemudian enter maka hasil yang kita peroleh sebagai berikut:
setelah didapati hasil diatas kita dapat memastikan kembali perubahan hasil diatas dengan Drag data diatas kemudian ke Menu\Data\Filter pada ribbon excel. bandingkan data pada kolom B (data awal) dan kolom C (data hasil).
demikian cara merubah format text menjadi tanggal dengan data text menggunakan format "ddmmyyyy", "dd/mm/yyyy" atau sejenisnya dengan informasi numeric untuk data bulannya. yang perlu kita perhatikan yaitu mengidentifikasi data tanggal, bulan dan tahun yang kemudian kita dapati dengan fungsi Right, Mid, dan Left.
Lalu bagaimana jika kita dapati informasi bulan tidak numeric tetapi dengan text file dengan menyebutkan nama bulannya seperti format "31 Agust 2016" maka anda dapat mencobanya tulisan sebagai berikut:
http://salman-feub.blogspot.co.id/2016/09/mengubah-data-tanggal-dari-format-text.html




Tidak ada komentar: