Jumat, 25 November 2016

Mengenal Fungsi Vlookup di excel

Dalam pengerjaan data adakalanya kita membutuhkan mengisi suatu cell yang berasal dari tabel lain. Berdasarkan formula yang tersedia pada excel, kita bisa menggunakan formula Vlookup. Vlookup merupakan formula untuk mencari data dan menampilkan data dari tabel lain dengan mengacu pada kolom tertentu dari tabel lain.



Formula yang digunakan dalam VLOOKUP yaitu:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
- Lookup_value merupakan nilai yang akan dicari datanya pada tabel lainnya
- table_array adalah range atau tabel yang digunakan sebagai referensi atas data yang kita inginkan
- Col_index_num yaitu nomor urut kolom atas table_array dengan acuan no urut 1 merupakan kolom paling kiri dari table_array.
- Range Lookup yaitu nilai TRUE atau FALSE. TRUE digunakan untuk hasil yang mendekati nilai yang kita jadikan acuan. Sedangkan, FALSE digunakan jika kita ingin hasil absolut atau pasti.

hal yang perlu kita perhatikan dalam penggunaan vlookup yaitu menentukan colom lookup value dan lookup colomn. contoh penggunaan VLOOKUP yaitu sebagai berikut:

Tidak ada komentar: