Selasa, 26 September 2017

Rumus Excel INDEX MATCH

Rumus Excel INDEX MATCH merupakan fungsi yang hampir serupa dengan rumus VLOOKUP namun rumus excel INDEX MATCH bisa melihat ke kiri data dan bisa mengacu pada header colomn pada data yang digunakan. Rumus INDEX MATCH merupakan gabungan dari formula INDEX dan Formula MATCH. dimana formula INDEX digunakan untuk table array yang digunakan sebagai acuan dan formula MATCH menentukan ROW dan column yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Berikut ini contoh penggunaan Rumus INDEX MATCH untuk mencari harga yang sesuai dengan kode produk dengan hanya mengacu pada ROW tertentu.



Berikut ini adalah hasil Rumus INDEX MATCH dengan contoh pencarian harga yang sesuai dengan kode produk

Dikarenakan formula INDEX juga terdapat kriteria untuk colomn yang dapat diinput, berikut ini contoh penggunaan Rumus INDEX MATCH dengan kombinasi ROW dan COLUMN. pada contoh kali ini saya coba menggunakan data dummy Net Income suatu perusahaan dengan beberapa tahun yang tersedia. kemudian selanjutnya rumus INDEX MATCH digunakan untuk mencari data net income dengan berdasarkan Kode perusahaan dan tahun yang diinginkan.

berikut ini contoh Rumus INDEX MATCH dengan menggunakan referensi row dan column.

berikut ini adalah hasil perhitungan dari Rumus INDEX MATCH dengan menggunakan kombinasi referensi row dan column.

demikian cara penggunaan rumus INDEX dan MATCH yang penggunaannya hampir serupa dengan vlookup ataupun hlookup.

Contoh file Rumus Excel INDEX MATCH

Artikel terkait








Tidak ada komentar: