Senin, 02 Januari 2017

Pasar Grosir Tanah Abang

Bagi yang hobi belanja jangan coba lewatkan Tanah Abang dalam daftar tujuan wisata. Tanah Abang merupakan pasar grosir terbesar di Jakarta mungkin juga di Indonesia. Ibarat kata barang-barang yang dijajakan lumayan lengkap dan tentunya harganya cukup miring. Karena sudah terkenal sejak dulu kala maka kawasan Pasar Tanah Abang sangat luas, tidak cukup kalo sehari doang untuk ngubek-ngubek pasar Tanah Abang.


Karena sangat luas maka Kawasan Pasar Tanah Abang terbagi menjadi beberapa Blok, mulai dari Blok A hingga F. Setiap Blok memiliki keunikan masing-masing namun boleh dikata Blok A dan B merupakan tempat yang paling nyaman karena udara di Blok A dan B lumayan sejuk.
Suasana Pasar Tanah Abang Blok A dan B
 Karena nyamannya beberapa kali Bapak Presiden Jokowi diberitakan berkunjung dan berbelanja di Pasar Tanah Abang. Mungkin Bapak Presiden Jokowi bermaksud mengajarkan kita untuk tidak malu membeli di Pasar.

Barang-barang yang dijajakan seputar busana dan keperluan sandang lainnya seperti sepatu, sandal, jilbab, pakaian serta perlangkapan bayi, bahan tekstil atau keperluan menjahit juga tersedia. saking banyaknya penjual dibagi per lantai untuk setiap jenis barang yang dijajakan. berikut ini pembagian barang yang dijajakan disetiap lantainya:


Karena Pasar Grosir sudah tentunya harganya lebih murah namun tidak bisa membeli dalam jumlah sedikit. namun jangan kecewa terlebih dahulu, banyak juga pedagang yang menjual secara eceran atau bisa dikenakan harga grosir dengan jumlah minimal pembelian 3 barang. Untuk memastikan jangan ragu untuk bertanya-tanya dan menawar, gak bakal diusir kok karena pembeli adalah raja. namun untuk nawar dan bertanyanya ya jangan kebangetanlah.

Setelah capai berkeliling-keliling tak terasa perut berbunyi, apakah di Pasar Tanah Abang tersedia tersedia tempat makan?. Jika berada di Blok A dan B langsung saja naik ke Lantai 8 yang merupakan lantai khusus jualan makanan. Yang jualan banyak, mulai dari makanan siap saji ala luar negeri sampai yang ala tradisional. tinggal pilih deh makanan apa yang disuka dan tempat makannya pun cukup nyaman. Jika jam makan siang pengunjung mesti sabar sedikit, karena suasananya bisa ramai sekali maklumlah memang waktunya makan sih.
lantai 8 foodcourt

Bagi yang beragama Islam tidak perlu khawatir untuk menjalankan ibadah sholat karena di Pasar Tanah Abang Blok A dan B tersedia Masjid yang nyaman untuk beribadah. Lokasi Masjid berada di lantai paling atas dan butuh naik beberapa lantai dengan menggunakan eskalator untuk mencapai lokasi masjid. karena lumayan luas biasanya masjid ini sekaligus jadi tempat beristirahat bagi pengunjung dan penjual di pasar Tanah Abang.


Bagaimana dengan blok-blok yang lain selain Blok A dan B? karena jam terbang saya di Tanah Abang masih kurang, saya coba ceritakan semampu saya. Sebenarnya selain blok A dan B tidak ada perbedaan jauh dengan blok A dan B, namun suasananya saat ini tidak senyaman di blok A dan B. Bagi yang suka mencari harga lebih murah, banyak penjual-penjual yang menjajakan barang dagangannya lebih murah dibandingkan dengan yang ada di Blok A dan B.

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh haji maka lokasinya penjualnya terdapat di Blok C dan F. Selain oleh-oleh haji di Blok F ada juga namanya Pasar Tasik yang konon dahulu kala penjualnya merupakan orang-orang dari Tasikmalaya yang menjajakan busana dengan harga grosir. sedangkan bagi pengunjung yang mencari bahan-bahan menjahit dapat pula mengunjungi Blok F2 yang menurut saya lumayan komplit. Ada juga yang juga tempat jual bahan renda kiloan yang posisinya ada di belakang blok A dan B atau di sekitar Klenteng yang berada di belakang Blok A dan B
Suasana Pasar Tanah Abang Blok F

Untuk mencapai lokasi pasar Tanah Abang tersedia berbagai alat transportasi seperti Kereta Api dan Bus. Bila menggunakan kereta api silahkan turun di stasiun pasar Tanah Abang namun perlu berjalan kaki lagi untuk mencapai pasar tanah abang. Saat ini sudah disediakan trotoar yang lebar bagi pejalan kaki namun karena baru selesai pengerjaannya dan belum terdapat pohon-pohonan jadi terasa sangat panas sekali pada saat siang hari. bagi pengendara pribadi seperti motor dan mobil menurut saya lebih baik berangkat pagi hari agar mendapat tempat parkir, bila berangkat sudah siang maka sudah dipastikan di lokasi akan terjadi kemacetan

itulah paparan singkat cerita tentang pasar Tanah Abang, Pasar Tanah Abang saat ini sudah tertata dengan baik namun memang belum senyaman Mall atau pusat pebelanjaan lainnya di Jakarta. Tapi kalo soal harga sepertinya tidak ada yang meragukan kalo Pasar Tanah Abang jawaranya.

Met berbelanja dan berjualan khas tanah abang

Artikel terkait:
Wisata Kebun Raya Bogor
Grosir Mainan di Pasar Asemka
- Tips Wisata ke Gunung Bromo bersama Anak Balita
Jalan jalan ke Kota Tua Jakarta

Tidak ada komentar: