Senin, 01 Mei 2017

Penggunaan Pivot Table di Ms Excel


Ketika kita berhadapan dengan data yang cukup banyak adakalanya kita ingin menganalisa dengan merekapitulasi data. Di Excel terdapat tools Pivot Table yang dapat melakukan rekap seluruh data yang kita inginkan tetapi kita harus memperhatikan struktur data atau table yang kita buat. struktur data yang perlu diperhatikan yaitu data berada dalam satu table dan setiap header kolom harus berisi nama kolom. Selain itu dalam data juga perlu diperhatikan tidak ada data yang kosong ataupun error akibat formula.berikut ini contoh table yang dapat digunakan pivot table:

Letak Menu Pivot
Menu Pivot Table terletak pada Menu Insert kemudian terdapat tools Pivot Table pada sebelah kiri atas layar



cara menggunakan menu pivot table yaitu drag table yang akan dilakukan analisa kemudian click menu pivot table. ketika melakukan drag table sebaiknya kita perlu memperhatikan frekuensi update data pada table yang akan kita lakukan. ketika data kita bersifat growing maka ada baiknya untuk memperpanjang drag table yang akan kita analisa meskipun data pada table yang kita perluas belum tersedia datanya.

Setelah kita drag table yang akan dianalisa langkah selanjutnya yaitu click menu pivot table maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Sebagai contoh kita akan meletakkan Pivot table pada existing worksheet pada cell K4 kemudian kita click "OK" dan akan muncul Pivot Table seperti berikut:
Pada pivot table akan muncul Field List yang berfungsi data-data yang berada di table dengan nama sesuai dengan header colomn pada data table yang didrag sebelumnya.
 Selanjutnya kita akan coba melakukan analisa dengan melakukan penjumlahan nilai Total pada setiap tanggal dengan drag data sebagai berikut:
jika kita ingin melakukan analisa detail jenis di setiap tanggal maka tarik kolom jenis ke row sebagai berikut:
demikianlah cara penggunaan pivot table di microsoft excel.

<< Semoga bermanfaat>>

Artikel terkait:



Tidak ada komentar: