Minggu, 06 Agustus 2017

Menikmati Kota Tua Jakarta

Mengisi libur di hari Minggu ada baiknya berjalan-jalan bersama keluarga. Pilihan jalan-jalan kami kali ini jatuh pada area Kota Tua Jakarta. Kota Tua Jakarta adalah salah satu destinasi wisata favorit di Jakarta. Kota Tua Jakarta terkenal dengan bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda. 


Area Kota Wisata terletak di Jakarta Pusat. untuk mencapai ke sana banyak alternatif transportasi publik. Transportasi Publik yang tersedia yaitu Kereta Rel Listrik (Commuter Line) dan Transjakarta (Busway). dengan tersedianya sarana transportasi publik maka Kota Tua Jakarta sangat ramai dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Dari Stasiun Kereta Jakarta Kota atau Stasiun Transjakarta Kota hanya perlu berjalan kaki sekitar 5-7 Menit.


Di Kota Tua Jakarta banyak bangunan-bangunan tua yang saat ini dikembangkan menjadi museum-museum seperti Museum Wayang dan Museum Bank Indonesia. Dengan melihat kota Tua Jakarta seakan-akan kita seperti berada pada zaman kolonial Belanda yang lengkap dengan ornamen-ornamen peninggalan Belanda


Fatahillah Square

Selain bangunan-bangunan bersejarah, Kota Tua juga banyak dipenuhi orang-orang yang mencari rezeki dengan menyewakan sepeda dan orang-orang yang pura-pura menjadi patung. Pada hari minggu pagi banyak orang-orang yang berolahraga di Kota Tua Jakarta sehingga cukup ramai. Setelah berolah raga, kita tidak perlu khawatir untuk membeli makanan atau minuman karena tersedia Minimarket di sekitar Kota Tua dan banyak penjual kaki lima lainnya.


Penyewaan Sepeda

Kota Tua Jakarta sebenarnya sangat eksotik terutama bagi pecinta fotografi dan banyak spot wisata yang menjadi obyek fotografi yang menarik. Namun karena udara sudah cukup panas dan anak mulai rewel karena takut melihat orang menjadi patung maka kami akhirnya berkunjung ke Pasar Asemka sambil mencari mainan untuk anak-anak.


Saran kami bagi pengunjung yang datang menjelang siang ada baiknya membawa payung dan sun block untuk melindungi kulit menjadi hitam karena kawasan Kota Tua Jakarta cukup terik di siang hari. 

Demikian pengalaman saya mengunjungi Kota Tua Jakarta, moga tetap terawat dan bagi pengunjungnya jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan.


Tidak ada komentar: