Rabu, 27 September 2017

pengalaman mengurus perpanjangan STNK di Samsat Kota Bekasi

Pada kali ini saya coba berbagi bagaimana proses memperpanjang STNK di SAMSAT kota Bekasi. sebagai warga negara saya memiliki kewajiban yang baik. Pada saat itu saya mencoba untuk mengurus sendiri karena telah pindah domisili dan alamat pada kendaraan juga telah sesuai dengan domisili.

Karena sering mondar-mandir di salah satu Rumah sakit di bekasi barat maka pada awalnya saya mengira SAMSAT kota bekasi berada di Jalan Ahmad Yani. Namun setelah saya melakukan pencarian berita maka SAMSAT Kota Bekasi tidak lagi berada di Jalan Ahmad Yani namun telah pindah ke Jl. Ir.H. Juanda No. 302 (Bulak Kapal) Bekasi 17113 sejak sekitar Mei 2017.




Adapun jadwal pelayanan kantor SAMSAT kota bekasi yaitu sebagai berikut:

Untuk mengurus perpanjangan STNK beberapa dokumen yang perlu disiapkan yaitu:
  • STNK Asli dan fotokopiannya.
  • BPKB asli dan Fotokopnya
  • KTP asli dan fotokopiannya sesuai nama yang tercantum pada STNK dan BPKB.
Berikut ini adalah urutan proses pengurusan perpanjangan STNK:
  • Ketika kita mendatangi kantor SAMSAT kita akan diberikan formulir yang diisi sesuai dengan data-data yang tertera di STNK, BPKB dan KTP.
  • Selanjutnya kita akan diarahkan untuk menyerahkan formulir yang telah diisi ke loket pengecekan pajak progresif. Pada loket ini kita akan menunggu beberapa menit untuk dilakukan pengecekan pajak progresif dan apabila telah selesai diperiksa selanjutnya kita akan dipanggil untuk mengambil formulir yang telah kita serahkan.
  • Setelah dari loket pajak progresif selanjutnya menyerahkan formulir yang telah dicek beserta dokumen pendukung lainnya ke loket penyerahan dokumen asli baik STNK, BPKB dan KTP untuk dicek kembali kelengkapan dokumen oleh petugas. (pada waktu itu saya kurang mengingat nama loketnya).
  • Setelah penyerahan dokumen selanjutnya kita diarahkan ke loket pembayaran pajak kendaraan bermotor. karena belum tersedia pelayanan non tunai, ada baiknya persiapkan uang tunai untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. dikarenakan banyaknya pembayar pajak ada baiknya untuk menyimak pemanggilan yang dilakukan oleh petugas di loket pembayaran pajak.
  • Setelah melakukan pembayaran pajak, selanjutnya kita diarahkan ke loket pengambilan STNK. apabila dokumen perpanjang telah selesai, petugas akan melakukan pemanggilan berdasarkan nama yang tertera yang STNK sehingga ada baiknya kita menyimak dengan seksama.

Dengan berdasarkan proses diatas, saya menghabiskan waktu yang tidak lama yaitu sekitar 45 menit sejak dari pengisian formulir hingga dokumen STNK selesai. Berikut ini beberapa tips atau saran dalam mengurus perpanjangan STNK yaitu:
  • Adabaiknya menyiapkan fotocopy atas dokumen-dokumen yang dibutuhkan beserta alat tulis berupa pulpen. jika kita tidak menyiapkan fotocopy di kantor samsat juga tersedia jasa fotocopy namun kalo dari harganya mungkin lebih mahal dari biasanya.
  • Siapkanlah uang tunai untuk melakukan pembayaran untuk mengantisipasi tidak tersedianya transaksi non tunai di kantor samsat.
  • Simaklah panggilan yang dilakukan oleh petugas disetiap loketnya, sehingga kita tidak terlewatkan oleh petugas dan mempercepat pengurusan perpanjangan STNK.
  • Datanglah lebih pagi, pada saat saya mengurus di hari sabtu kondisi kantor samsat pada pukul 8 pagi telah sangat ramai sehingga jika kita datang lebih siang maka antrian telah bertambah panjang.

Demikian sedikit cerita pengurusan perpanjangan STNK yang saya lakukan di kantor SAMSAT kota BEKASI, semoga bermanfaat dan selama proses pengurusan tersebut saya tidak menemukan calo atau orang-orang yang menawarkan jasa pengurusan perpanjangan STNK. penulisan ini berdasarkan yang saya alami pada pengurusan bulan Agustus 2017 dan bisa saja terjadi perubahan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Judul Artikel lainnya:
- jalan jalan ke kota tua jakarta
- jalan-jalan ke gunung bromo bersama balita
- jalan jalan ke kebun raya bogor
pesona wisata belanja di pasar grosir tanah abang

Tidak ada komentar: