Senin, 12 Februari 2024

Cara Mengetahui Produk Reksa Dana Terdaftar di OJK

Cara Mengetahui Reksa Dana Terdaftar di OJK

Ketika berencana investasi pada instrument reksa dana dengan mempertimbangkan risiko yang terdapat di reksa dana, maka diperlukan juga untuk mengetahui legalitas reksa dana di otoritas jasa keuangan. Untuk mengetahui reksa dana legal atau terdaftar kita bisa mengakses situs OJK Reksa Dana.



Pada situs tersebut, memberikan informasi umum reksa dana yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan selaku pengawas industri keuangan. Informasi yang dapat diperoleh yaitu Nilai Aktiva Bersih, Unit Penyertaan Reksa Dana, Nama Manajer Investasi, Bank Kustodi dan Tipe Reksa Dana.

Sebagai contoh, setelah mengakses situs OJK Reksa Dana, kita melihat menu statistik. Kemudian pilih menu NAB Reksa Dana, maka muncul daftar Nilai Akumulasi NAB dari seluruh reksa dana setiap hari kerja terakhir di setiap bulan. Untuk melihat data terkini bisa melihat pada bulan terakhir tahun berjalan kemudian click detail.

Selanjutnya pada menu pencarian produk reksa dana ketik nama produk reksa dana yang akan diminati atau menjadi rencana investasi anda. Apabila produk reksa dana yang akan diinvestasikan terdapat pada situs OJK Reksa Dana dan dana kelolaannya tidak kosong maka reksa dana tersebut terdaftar dan masih aktif dikelola oleh manajer investasi

Sebagai contoh kita mencari reksa dana panin dana likuid maka ketik "panin dana likuid" kemudian muncul pilihan sebagai berikut:

Setelah dipilih kemudian click tombol cari maka kemudian akan memunculkan daftar reksa dana panin dana likuid seperti gambar dibawah ini:

Demikian cara singkat mengetahui produk reksa dana yang terdaftar di OJK, semoga dapat membantu memberikan informasi dalam berinvestasi reksa dana.

Link terkait:

Tidak ada komentar: