Jumat, 23 Februari 2018

Melibatkan Anak Balita dalam Pekerjaan Rumah

Ini merupakan selintas cerita ketika sedang disibukkan dengan pekerjaan rumah dan terlintas dalam benakku untuk melibatkan anak. Anak ku saat ini berusia 4 tahun dan seringkali suka meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. adakalanya ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah seringkali malah meminta untuk membantu.

Ketika kita ingin melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah ada baiknya kita sebagai orang tua juga melakukan pekerjaan rumah. apabila kita memiliki asisten rumah tangga ada baiknya juga menghargai apa saja yang dilakukan oleh asisten rumah tangga dan mengajarkan kepada anak bahwa yang dilakukan oleh asisten rumah tangga tidak mudah. dengan demikian maka dengan sendirinya anak menghargai apa yang dilakukan oleh asisten rumah tangga.


Adakalanya ketika masih memiliki asisten rumah tangga, anak saya biasanya seringkali membantu ngepel dan menyapu. tapi jangan berharap hasil yang dikerjakan oleh anak memuaskan ya, karena biasanya anak-anak usia balita masih menganggapnya sebagai permainan. ketika tidak memiliki asisten rumah tangga saya seringkali meminta bantuan anak untuk melakukan pekerjaan rumah yang mudah seperti membereskan mainan dan mengelap baik dengan kain ataupun dengan sulak.

berikut ini beberapa hal yang menurut penulis perlu diperhatikan ketika melibatkan anak dalam pekerjaan rumah


Pastikan yang dikerjakan aman dan tidak memberatkan.
berikanlah sesuatu pekerjaan yang menarik untuk dikerjakan seperti membersihkan atau merapihkan mainan, tas, sepatu atau sepeda yang dimiliki oleh anak. hal ini juga membantu anak menghargai dan merawat barang-barang yang dimiliki. berikanlah sarana yang mendukung dan aman dalam melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah serta awasi secara baik atau dilakukan secara bersama-sama.

jangan membuat anak-anak menjadi stress terhadap pekerjaan yang dibebankan.
ketika anak usia balita terlibat dalam pekerjaan rumah, janganlah kita memarahi anak apabila anak tidak melakukan sesuai dengan cara yang kita lakukan atau hasilnya tidak sesuai dengan harapan. hal ini akan berdampak pada psikologi anak.

berikan apresiasi terhadap apa yang sudah dikerjakan oleh anak.
apabila anak sudah melakukan pekerjaan yang kita arahkan ada baiknya kita memberi apresiasi terhadap anak. apresiasi yang sederhana yaitu ucapkanlah terima kasih dan tidak ada salahnya memberi pelukan terhadap anak.

beberapa manfaat mengajarkan anak yaitu anak akan menghargai apa yang dilakukan oleh asisten rumah tangga dan paling tidak mengajarkan cara merawat barang-barang yang dimiliki. selain itu juga mengajarkan kita untuk kompak dalam satu keluarga dengan saling bahu membahu mengerjakan pekerjaan rumah.

Demikian sedikit cerita dalam melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah, anggaplah seperti bermain dan momen-momen seperti itu mungkin jadi momen yang tidak terlupakan.

Artikel terkait:




Tidak ada komentar: