Minggu, 30 Juli 2017

Tips Wisata Ke Gunung Bromo bersama Anak Balita

Pada kali ini coba menceritakan pengalaman saya berwisata jalan-jalan ke Gunung Bromo. Yang menarik pada pengalaman kali ini adalah kepergian bersama dengan si kecil yang pada saat itu masih berusia 3.5 tahun.

Rute perjalanan yang saya ambil yaitu melalui Malang dengan alasan sekalian jalan-jalan di malang mengingat masa-masa kuliah di kota Malang. Untuk menuju ke Gunung Bromo saya memilih menggunakan travel, karena saya belum pengalaman menuju Gunung Bromo. Di kota Malang banyak travel-travel yang menawarkan jasa mengantarkan wisatawan dengan paket gunung bromo.



Perjalanan menuju gunung bromo dimulai pada dini hari. Kami dijemput dengan travel pada pukul 12 malam dengan perkiraan tiba gunung bromo pada saat matahari terbit. untuk mengunjungi Gunung Bromo bersama anak-anak berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Waktu berkunjung yang tepat
Untuk berkunjung ke gunung bromo ada baiknya memperhatikan musim yang sedang terjadi. hal ini penting untuk dipertimbangkan karena dengan membawa si kecil tentunya kita tidak ingin si kecil menjadi sakit dan tentunya akan merusak rencana yang telah direncanakan.ketika kami berkunjung pada bulan Desember saat itu masih musim penghujan. pada saat itu udara sangat dingin dan untungnya kami dipinjami selimut oleh Pak Supir ūuntuk menghangatkan si kecil.

Ketika berada di penanjakan masih terjadi hujan sehingga menyulitkan untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit dikarenakan kabut yang begitu tebal sehingga menghalangi pemandangan matahari terbit. Bagi pembaca yang ingin mendapatkan pemandangan matahari terbit dapat berkunjung ketika bulan Juli hingga November menurut beberapa warga Gunung Bromo Tengger. namun menurut pendapat beberapa warga gunung bromo tengger untuk mendapatkan pemandangan matahari terbit juga bergantung keberuntungan karena sudah beberapa kali pengunjung mengunjungi gunung bromo namun belum mendapatkan pemandangan matahari terbit.

Perhatikan Kendaraan yang digunakan
Pada saat itu kami memilih jasa travel yang sekaligus sepaket dengan sewa kendaraan Mobil Jeep dan pada saat itu si kecil begitu menikmati perjalanan di malam hari dan pada saat itu tidak rewel. kebetulan pada saat itu mobil jeep yang kami tumpangi dalam kondisi prima sehingga tidak terdapat gangguan selama perjalanan.

Mobil Jeep ini sepertinya sudah menjadi kesepakatan warga disana bahwa hanya kendaraan Mobil Jeep yang hanya dapat naik hingga ke penanjakan. Hal ini tentunya dengan pertimbangan untuk menghindari kecelakaan. Tentunya ini membawa berkah tersendiri bagi warga gunung bromo tengger karena mereka juga menikmati pertumbuhan ekonomi dari aktifitas pariwisata di gunung bromo.

Kami menggunakan mobil jeep ketika masih berada di desa sukapura. bagi rekan-rekan pembaca bisa mendapatkan mobil jeep di desa sukapura karena banyak yang menawarkan jasa sewa mobil jeep beserta supirnya. Di Desa Sukapura ini juga banyak penginapan yang bisa disewa apabila merencanakan untuk menginap di desa sukapura yang berada dibawah kaki Gunung Bromo.

Bagi pengunjung yang mengendarai sepeda motor ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya baik rem dan kondisi ban. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang naik dan turun dengan tingkat kecuraman yang cukup ekstrim. Selain itu ketika memasuki area berpasir vulkanik bagi yang tidak berpengalaman sering terjebak pada pasir yang berlumpur apa lagi pada saat musim penghujan maka akan cukup berat bagi pengendara bermotor.

Persiapkan makanan selama perjalanan
Selama perjalanan kami mempersiapkan banyak makanan kecil karena untuk menghindari kelaparan terutama untuk si kecil. dan ketika perjalanan pada saat itu kami cukup nyaman karena si kecil tidak kelaparan. dan ketika berada di penanjakan juga banyak penjual makanan yang tentunya harga nya lebih mahal dibandingkan dengan biasanya. hal ini kami maklumi karena memang pada umumnya tempat wisata harga makanan bisa mencapai dua kali lipat dari biasanya. makanan yang dijual biasanya makanan dan minuman yang bersifat menghangatkan seperti mie rebus, gorengan dan tentunya minuman hangat. sangat cocok untu mengurangi rasa dingin pada saat itu.

Persiapkan uang tunai untuk berbagai keperluan
hal ini merupakan hal yang dianggap kecil namun menjadi sangat penting ketika berada di gunung bromo. jangan berharap disana banyak atm atau edc untuk melakukan transaksi. ada baiknya kita menyiapkan uang tunai sebelum melakukan perjalanan karena kita tidak akan mengetahui berbagai kebutuhan yang akan kita hadapi ketika berada di gunung bromo.

Persiapkan Pakaian yang tepat
Pakaian yang disarankan untuk digunakan yaitu pakaian yang dapat mengurangi hawa dingin sebagaimana yang biasa digunakan oleh para pendaki. Pada saat itu kami membawa jaket, sarung tangan dan kupluk kepala. ada baiknya untuk menggunakan sepatu seperti sepatu hiking atau sejenisnya. jangan menggunakan sandal selama berada di gunung bromo, karena berdasarkan pengalaman penulis dengan hawa yang begitu dingin maka ketika menggunakan sandal kaki akan sangat dingin dan menjadi sangat mengganggu aktifitas.

Pada saat itu anak menggunakan jaket dua lapis sehingga tidak begitu kedinginan ditambah lagi dengan kaos kaki yang juga dua lapis sehingga pada saat itu anak saya tidak rewel karena kedinginan. Selain itu kami juga sudah menyiapkan payung dan jas hujan sekali pake sehingga jika terjadi hujan tetap dapat melindungi sikecil dari kehujanan. selain pakaian yang dapat mengurangi rasa dingin kami juga mempersiapkan diri dengan masker. masker ini menjadi penting ketika berkunjung pada musim kemarau yang mengakibatkan pasir-pasir abu vulkanik gunung bromo berterbangan. Pada saat itu kami sudah menyiapkannya namun tidak kami gunakan karena pada saat malam harinya hujan turun dengan lebat sehingga tidak banyak debu berterbangan.

Ketika mengujungi gunung bromo ada beberapa tempat yang menjadi objek wisata yaitu area penanjakan untuk melihat matahari terbit, area kaki gunung batok untuk melihat aktivitas vulkanik gunung bromo, area pasir berbisik dan area bukit teletubis. Berikut ini sedikit jepretan pemadangan Gunung Bromo.

Pemandangan Kawah Gunung Bromo

Pemandangan Kaki Gunung Bromo


Pemandangan Bukit Teletubis

Demikianlah tips ketika bersama anak, yang tidak kalah penting ketika berpergian bersama anak yaitu kita yaitu memberikan rasa aman dan menanamkan pola pikir kepada anak bahwa naik gunung itu menyenangkan sebagaimana lagu "Naik-naik ke puncak Gunung"

<<Semoga bermanfaat>>

Tidak ada komentar: