Kamis, 29 September 2016

Merubah Data Tanggal dari Format Text menjadi Format Tanggal (2)

Dalam mengolah data dalam excel ada kalanya kita mengambil data dari Website atau sumber data lainnya. kita copy datanya ke dalam excel. kali ini saya coba berbagi cara bagaimana mengubah data tanggal dengan format text file menjadi format date.


sebagai contoh saya mengambil data nilai tukar dari website Bank Indonesia, ketika saya paste ke excel saya temukan hasil data tanggalnya sebagai berikut:
Pada kolom tanggal jika kita lihat maka akan tertulis 31 Agust 2016. untuk mengubah data tersebut menjadi format tanggal yaitu dengan melakukan CTRL+H untuk mereplace " Agust " menjadi "/08/" kemudian Click Replace All
Setelah itu maka data yang semula tertulis 31 Agust 2016 akan berubah menjadi 31/08/2016. untuk memastikan apakah telah berhasil menjadi format date maka caranya yaitu copy (CTRL+C) data yang menjadi 31/08/2016 kemudian Paste dengan Paste Value di sembarang cell yang masih format cell nya generic. jika hasilnya telah berubah menjadi format date maka akan hasil paste dengan paste value akan menjadi 42613


untuk memastikan apakah telah berhasil maka dapat dicek dengan drag semua kolom kemudian pilih menu data kemudian pilih filter. selanjutnya select tombol pada kolom tanggal maka akan tampil seperti dibawah ini.

selain cara diatas kita bisa juga menggunakan cara lain tergantung jenis data yang kita peroleh dan akan saya sharing kembali cara-cara yang lainnya.

Tidak ada komentar: